Sabtu, 19 Maret 2016

Bahaya Menggunakan Sepatu High Heels




Bahaya Menggunakan Sepatu High Heels


Penggunaan sepatu high heels dalam kurun waktu yang cukup lama akan menimbulkan banyak sekali masalah bagi kesehatan tubuh kita. Diantaranya mulai dari sering kesemutan, sakit punggung bahkan bisa menyebabkan tumor. Semakin tinggi heels yang sobat gunakan, resiko timbulnya penyakit juga semakin besar.

Saat sobat mengenakan sepatu high heels, sebagian besar beban tubuh akan bertumpu pada ujung kaki. Hal ini akan berakibat seringnya sobat mengalami kram otot kaki, selain itu jika terlalu lama juga akan menyebabkan jari-jari sobat menjadi sakit atau bahkan bisa bengkok mengikuti bentuk saat mengenakan sepatu high heels.

Berikut adalah beberapa organ tubuh yang dapat terganggu jika sobat memakai sepatu high heels dalam waktu yang cukup lama.

Kaki
Saat memakai sepatu high heels, seperti yang sudah kita jelaskan diatas massa tubuh akan bertumpu pada ujung telapak kaki. Hal ini akan membuat sobat cepat merasa lelah dan juga akan sering mengalami kram pada otot kaki.

Pergelangan kaki dan daerah betis
Saat sobat menggunakan high heels, betis akan dipaksa untuk lebih condong atau melengkung kedepan. Hal ini tentu sangat tidak baik dan dapat berpengaruh terhadap kelancaran sirkulasi darah pada daerah kaki.

Lutut
Sepatu high heels akan semakin menekan daerah lutut sobat. Jika hal ini terus terjadi, akan dikhawatirkan timbulnya penyakit osteoartitis atau peradangan pada daerah sendi yang ditandai dengan rasa nyeri didaerah lutut kaki sobat.

Punggung
Saat menggunakan sepatu high heels, punggung akan dipaksa mengikuti kaki yang tidak normal posisinya. Hal ini akan memicu terjadinya sakit pada punggung.
Berikut adalah beberapa akibat yang ditimbulkan jika sobat terlalu lama memakai high heels.

Memicu otot tubuh menjadi kecil

Penggunaan sepatu high heels yang terlalu lama akan menyebabkan otot tubuh menjadi mengecil. Bahkan pemakaian heel yang terlalu tinggi diyakini dapat memperpendek tulang kaki, hal ini terjadi karena saat mengunaakan heels yang tinggi, sobat akan dipaksa berjalan dengan posisi jinjit yang berarti memberikan penekanan yang berlebih untuk kaki bagian bawah.

Mengakibatkan posisi tubuh melengkung
Saat menggunakan heels sobat akan berjalan lebih condong melengkung kedepan karena mempertahankan keseimbangan saat berjalan. Hal ini akan membuat sobat terbiasa jalan merunduk sehingga menyebabkan pinggul dan tulang belakang tidak sejajar.
Memicu timbulnya tumor jinak
Saat menggunakan sepatu high heels, sobat akan sering berjalan jinjit. Hal ini akan menimbulkan jaringan kulit tanduk yang menebal didaerah kaki bagian bawah karena kulit mati. Selain itu, penggunaan heels yang terlalu tinggi akan memicu penebalan syaraf terlebih di jari ketiga dan keempat. Hal ini akan menimbulkan rasa nyeri bahkan memicu terjadinya tumor jinak.
Gangguan kesehatan pada ibu hamil

Pada ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengurangi pemakaian high heels, jika profesi sobat mewajibkan mengenakan sepatu high heels, usahakan agar heels tidak lebih dari 5 cm. Penggunaan high heels pada ibu hamil dapat menyebabkan ketegangan pada punggung yang memicu sakit punggung. Selain itu penggunaan high heels dapat mempengarungi cara jalan sobat karena bertambahnya berat badan dan dikhawatirkan meempengaruhi jalan lahir atau panggul sobat.

Resiko terjatuh

Saat menggunakan sepatu high heels, semua berat badan sobat bertumpu pada ujung kaki dan juga heels sobat. Hal ini akan mengganggu keseimbangan sobat dan bisa membuat sobat keseleo bahkan terjatuh.\

Bebera penanganan yang dapat dilakukan

Ketika keseleo di area bengkak kompreslah dgn es
Kita juga  bisa memberikan massage angkle dgn tata cara sebagai berikut:

Massage ankle
v  Posisi tidur terlentang
·         Lakukan teknik masase (manipulasi masase) dengan cara menggabungkan teknik  gerusan (friction) dan gosokan (effluerage), pada otot-otot fleksor tungkai tungkai bawah /otot gastrocnemius bagian depan ke arah atas.
·         Lakukan teknik masase (manipulasi masase) dengan cara menggabungkan teknik gerusan (friction) dan gosokan (effluerage), kearah atas pada otot punggung kaki.
·         Lakukan teknik masase (manipulasi masase) dengan cara menggabungkan teknik gerusan (friction) dan gosokan (effluerage), kearah atas pada sendi ankle/ pergelangan kaki
v  Posisi Tidur Terlungkup
·         Lakukan teknik masase (manipulasi masase) dengan cara menggabungkan teknik gerusan (friction) dan gosokan (effluerage), kearah atas pada otot gastrocnemius.
·         Lakukan teknik masase (manipulasi masase) dengan cara menggabungkan teknik gerusan (friction) dan gosokan (effluerage), kearah atas pada otot tendon achilles di belakang mata kaki.
·         Lakukan traksi dengan posisi satu tangan memegang tumit kaki dan satu tangan yang lain memegang punggung kaki. Kemudian traksi/tarik ke arah bawah secara pelan-pelan dan  putar kaki dengan putaran 360 derajat, kearah dalam dan luar dengan kondisi pergelangan kaki dalam keadaan tertarik.
·          

Demikian tadi beberapa ulasan tentang bahaya penggunaan high heels. Jika sobat memang harus menggunakan high heels pilihkan heels yang tidak terlalu tinggi. Hidari mengenakan sepatu high heels terlalu lama, jika perlu bawa sepatu ganti yang flat untuk merelaksasikan otot sobat.


 

0 komentar:

Posting Komentar